Metode Pengambilan Keputusan Dengan Teknik BORDA

Posted by Pengen Online Aja Sih on 06.51

Borda merupakan suatu metode yang digunakan pada pengambilan keputusan kelompok untuk pemilihan single winner ataupun multiple winner, dimana pemberi suara (voters) melakukan perangkingan terhadap kandidat yang disusun berdasarkan pilihan (preference)[3]. Borda menentukan pemenang dari suatu pemilihan dengan memberikan suatu jumlah point tertentu untuk masing-masing kandidat sesuai dengan posisi yang diatur oleh masing-masing pemberi suara.

Pemenang akan ditentukan oleh banyaknya jumlah point yang dikumpulkan atau di peroleh masing-masing kandidat. Borda sering digunakan pada suatu sistem pemilihan based consensus. Pemilihan dan perhitungan (voting and counting) dilakukan dengan cara memberikan sejumlah point kepada masing-masing calon (candidate) misalnya ada lima kandidat pada suatu pemilihan maka masing-masing calon menerima 5 point untuk kandidat ranking pertama, 4 point untuk kandidat rangking kedua dan seterusnya, kandidat terakhir menerima 1 point, dengan kata lain dimana n kandidat akan menerima n point untuk pilihan pertama, n-1 untuk pilihan kedua, n-2 untuk pilihan 3, n-4 untuk pilihan 5

Contoh perhitungan Metode Borda
1.      Diketahui ada 3 alternatif yang akan dilakukan perangkingan (A,B dan C). Dilakukan penyebaran questioner untuk mengetahu data dasar yang akan dijadikan perangkingan.
2.      Dari hasil kuisioner, hitung jumlah responden yang menyatakan ranking untuk tiap jenis. Misalnya terdapat 4 responden yang menyatakan jenis A berada di peringkat 2 dan 3 responden menyatakan jenis berada di peringkat 3, maka tuliskan angka 4 pada kolom jenis A peringkat 2 dan angka 3 pada kolom jenis A peringkat 3. Hal yang sama dilakukan untuk jenis yang lain.
3.      Kalikan angka pada kolom peringkat dengan bobot di bawahnya, kemudian tambahkan dengan hasil perkalian pada jenis yang sama, kemudian isikan hasilnya pada kolom ranking. Misalnya untuk jenis A, (0 x 2) + (4 x 1) + (3 x 0) = 4.
4.      Jumlahkan hasil ranking, yang dalam contoh ini berarti: 4 + 11 + 5 = 20.
5.      Untuk mencari bobot tiap jenis, bagi ranking dengan jumlah ranking. Jenis A = 4/20 = 0.2, dan seterusnya.
6.      Jenis dengan bobot tertinggi merupakan yang terpilih.




Nama Anda
New Johny WussUpdated: 06.51

0 komentar:

Posting Komentar

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
CB